Minggu, 17 April 2016

Membersihkan dan Merapikan Kamar
 
1. Teknik dan prosedur membersihkan perlengkapan
Perlengkapan kamar dalam hal ini perabot kamar atau ”room equipment” yang biasanya berupa furniture, setiap saat perlu dibersihkan dari debu dan kotoran lain. Pekerjaan ini dilakukan setelah menata tempat tidur.
Agar semua perlengkapan benar-benar bersih, maka dalam kegiatan pembersihan
dilakukan urut-urutan atau perputaran gerakan pembersihan, biasanya searah dengan jarum jam (clockwise atau unclock wise).
Perabotan kamar atau furniture setiap saat perlu dibersihkan dari debu. Hal ini dapat dilaksanakan dengan beberapa cara antara lain mengelap atau dusting.
Supaya mendapatkan hasil yang baik, pakailah yang lembut atau sesuai dengan petunjuk atau objek yang akan dibersihkan. Dalam kegiatan ini ada beberapa teknik pembersihan yang diterapkan antara lain:
a. Dusting
Diterapkan terhadap hampir semua perabot/perlengkapan kamar.Mengenai alat pembersih, bahan pembersih, serta teknik pembersihan.
b. Damp dusting
    Diterapkan terhadap perlengkapan kamar yang dicat atau perlengkapan lain yang tidak menyerap air.
c. Polishing
    Diterapkan terhadap perlengkapan kamar yang di politur, pekerjaan ini dilakukan secara berkala, dan   
    biasanya dilakukan terhadap kamar Check-out (C/O)
d. Glass wipping
    Diterapkan terhadap perlengkapan kamar atau bagian kamar yang berupa cermin (Full length mirror 
    dressing mirror, wash basin mirror,dan juga terhadap kaca jendela atau dapat digunakan juga pada 
    kaca  penutup meja.
Alat dan bahan pembersih yang diperlukan
Alat
Dust cloth
Clean cloth
Bottle sprayer
Glass wiper
Bahan pembersih/bahan kimia
Wooden polish
Glass cleaner
Teknik dan prosedur pembersihan 
  • Pindahkan atau geser barang-barang yang ada di atas meja (furniture) dengan teratur,      supaya mudah dikembalikan ke tempat/ posisi semula.
  • Lipatlah lap itu dengan rapi. Bersihkan semua perabotan kamar,agar tidak ada bagian  yang terlupakan atau terlewatkan. Lakukan dengan cara yang teratur atau berurutan 
  • Mulailah mengerjakan dari serambi kamar atau tempat lain yang telah ditentukan. Kemudian, dilakukan dengan urut-urutan atau berputar sesuai dengan arah jarum jam atau sebaliknya. 
  • Secara berkala parabotan ini perlu juga disemir dengan semi perabotan rumah atau furniture polish. Bila perlu lakukan pembersihan dengan lap lembab. Perhatikan pada bagian yang sekecil-kecilnya, antara lain laci, meja, bola lampu. Jangan lupa membersihkan bagian bawah alat-alat yang bisa diangkat seperti lampu duduk dan sebagainya.S
  • Setelah semuanya bersih dari debu, letakkan lap lembut tadi pada tempatnya. Kemudian, ambil perlengkapan dan bahan pembersih kaca untuk membersihkan kaca jendela, pintu, cermin dengan metode yang benar. Teknik pembersihan kaca atau cermin ini disebut glasses wipping.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam teknik dan prosedur pembersihan sebagai berikut. 
  • Kerjakan pembersihan dari bagian atas ke bawah. 
  • Furniture yang kakinya dilindungi dengan logam/besi diberi alas dari plastik/karton agar tidak meninggalkan noda bekas karat. 
  • Sambil mendusting jangan lupa sambil memeriksa kelengkapankelengkapan guest suppliesyang sudah terpakai/ kurang untuk diganti pada saat Anda melengkapi guest supplies.
2. Melengkapi Guest Supplies Kamar Tidur
Kamar yang sudah dibersihkan perlu dicek lagi kelengkapan fasilitasnya. Letak perlengkapan tersebut harus sesuai standar baik jumlah maupun penempatannya, misalnya logo nama hotel harus dapat dilihat dan dibaca oleh tamu begitu tamu masuk ke dalam kamar. Apabila ada
kekurangan maka harus segera dilengkapi. Prosedur restocking yang harus dilaksanakan oleh room boy sebagai berikut. 
  1. Persiapkan persediaan guest supplies dalam trolley cart secara teratur,rapi sesuai denganjumlah yang dibutuhkan. 
  2. Cek terlebih dahulu guest supplies mulai dari door, closet, dresssing table, TV, coffee table, nite table, agar melengkapinya dengan cepat dan tepat. 
  3. Dalam melengkapi kebutuhan tamu harus dicatat di dalam roomboy control sheet. Hal inimutlak harus dilakukan agar tertib administrasi,untuk pengendalian pemakaian guest    supplies, serta untuk mengetahui jumlah pemakaian guest supplies setiap hari, setiap    minggu maupun setiap bulan.Membuat catatan khusus di dalam kolom remark pada roomboy control sheet atau log bog yang belum lengkap agar dapat dilengkapi oleh roomboy shift berikutnya.
Perlengkapan guest supplies yang harus tersedia misalnya :
Pintu/Door dilengkapi dengan:
  • Door knob menu 
  • Do not distrub sign 
  • Sign Room progress
Closet wardrobe/cupboard, dilengkapi dengan:
  • Hanger pria dan wanita 
  • Shoes shine 
  • Laundry bag, Laundry list, Dry cleaning list, & PO list
Dressing table, di atasnya atau di sekitarnya: 
  • Stationary holder yang berisi brosure, guest questionaire, post card,rate sheet, amplop,lembar kertas surat, lembar kertas fax 
  • Room service menu 
  • Tray dengan water jug dan drinking glass 
  • TV dengan video program/TV program 
  • Tend card petunjuk penggunaan hand iron 
  • Safe deposit box
Night table meliputi:
  • Night lamp 
  • Service directory book 
  • Memo pad 
  • Balpoint 
  • Telephone
Coffee table di atasnya dilengkapi dengan maches dan astray.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar